Kami menerima sumbangan Artikel untuk website kami, silakan hubungi WA 085385099302

 

diposkan pada : 19-12-2023 22:56:14

Minyak Atsiri/minyak esensial merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan.
Minyak atsiri memiliki beberapa sifat yaitu sangat mudah menguap bila dibiarkan diudara terbuka, memiliki bau khas seperti tumbuhan aslinya.

Minyak atsiri juga bersifat mudah menguap pada suhu ruangan, sehingga sering disebut minyak terbang. Bagian tanaman yang menjadi sumber dari minyak atsiri ini adalah daun, bunga, dan kulit bunga. Tidak semua tumbuhan bisa menghasilkan minyak atsiri, dan seperti itu pula tidak semua bagian dari tumbuhan minyak atsiri mengandung minyak atsiri tersebut. Bagian tumbuhan minyak atsiri yang mengandung minyak atsiri tersebut antara lain akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah. Tanaman penghasil minyak atsiri ini antara lain akar wangi, cendana, gaharu, kayu manis, nilam, cengkeh, kemangi, melati, pala, lemon, seledri dan anggur.

Umumnya minyak atsiri dioleskan untuk mengobati luka dan infeksi kulit, penangkal gigitan berbisa,mengobati batuk, demam, kudis, meredakan nyeri otot, dan gangguan pencernaan. Stres, insomnia, asma, dan beberapa gangguan pernafasan juga dapat disembuhkan melalui pengaplikasian minyak atsiri aromaterapi.

Distilasi air merupakan salah satu cara untuk memisahkan minyak atsiri dari dalam bahan.

Prinsip Kerja Distilasi merupakan suatu perubahan fase cairan menjadi uap dan uap tersebut didinginkan kembali menjadi cairan.
Distilasi atau penyulingan adalah metode pemisahan kimia-fisika yang digunakan untuk mengambil minyak astiri. Prinsip kerjanya dengan cara memisahkan komponen suatu campuran yang terdiri atas dua cairan atau lebih berdasarkan perbedaan tekanan uap atau perbedaan titik didih komponen-komponen senyawa.

Sebagian besar produksi penyulingan minyak atsiri (essential oil) diproduksi menggunakan metode yang sangat sederhana yaitu destilasi uap. Metode ini paling sering dipakai oleh industri kecil minyak atsiri karena penanganannya mudah dan menggunakan peralatan yang sederhana.

Mesin Destilasi merupakan alat Penyulingan yang digunakan untuk mengekstraks suatu produk dengan sistem pemanasan uap. Mesin Destilasi biasa digunakan untuk membuat minyak zaitun, minyak atsiri, dan berbagai jenis ekstrak dari produk-produk alami.
Untuk menghasilkan minyak atsiri, terdapat 3 macam yaitu metode penyulingan dengan air (perebusan), penyulingan dengan air dan uap (pengukusan) dan penyulingan dengan uap air (Guenther, 1988).
Mesin Destilasi Merupakan alat Penyulingan yang digunakan untuk mengekstraks suatu produk dengan sistem pemanasan uap. Mesin Destilasi biasa digunakan untuk membuat minyak zaitun, minyak atsiri, dan berbagai jenis ekstrak dari produk-produk alami.
 

Jasa Pembuatan Mesin Destilasi Minyak Atsiri Purworejo berbagai Kapasitas dan Bisa Kostom

Posting by Admin

Jasa Pembuatan Mesin Destilasi Minyak Atsiri Purworejo berbagai Kapasitas dan Bisa Kostom

Minyak Atsiri Komoditi Bernilai Ekonomi Tinggi Jasa pembuatan mesin destilasi harga nego bisa kostom kapasitas di Purworejo didesain inovatif untuk efisiensi maksimal.   NAMA  PEMBUAT :  Tunas Agro Teknik, Purworejo PRODUK               :  Mesin Penyulingan Minyak Atsiri 



56 Kali